Senin, 11 April 2016

Si Anggun Berkaki empat



    Hah si Anggun berkaki empat? Apasih itu? Artis? Atau fashionista? Tapi kok berkaki empat?
Haha bukan lohh. Sebutan anggun memang cocok diberikan untuk salah satu ras anjing tertua dari Tiongkok. Kenapa disebut anggun? Karena tubuhnya yang mungil dengan bulu lebat dan panjang maka anjing ini pantas untuk disebut "primadona". Ya anjing ini bernama "shih tzu". Mungkin anjing ras ini tidak mudah didapat, bukan hanya itu, anjing jenis ini juga harganya cukup mahal. Apalagi perawatannya. Tapi hal itu bukan menjadi masalah bagi beberapa dog lovers. Anjing ini juga sering dijuluki "anjing fashionista" karena banyak fashionista yang tertarik dengan keanggunan dari anjing ini. Anjing jenis ini juga perawatannya membandrol uang yang cukup besar karena bulunya yang lebat dan harus selalu dirawat. 
   Tapi bagi beberapa orang hal itu tidak menjadi masalah karena keanggunan dan keistimewaan yang dimilikinya. Bahkan banyak yang tidak peduli dengan pengeluaran dalam perawatannya karena keunikan anjing ini. Kecil, lincah, dan lucu hal ini dapat membuat beberapa orang sangat tertarik dengan anjing jenis ini. Selain keanggunannya, anjing ini terkenal akan kelincahannya. Menurut pengalaman saya memelihara anjing ini, saya tidak pernah merasa terbeban akan perawatannya karena keistinewaan anjing ini. Anjing ini juga sangat suka diajak bermain. Apalagi diajak lari lari :D Dan salah satu hal yang menarik dari shih tzu peliharaan saya ini adalah "anjing ini takut dengan hujan" hahaha lucu kann. Dan ternyata bukan cuma saya, shih tzu milik tetangga saya juga takut dengan hujan. Wahh lucu kan gengs. 
   Selain itu, anjing ini termasuk jenis "anjing laptop" kenapa disebut laptop? Karena anjing ini kalo dipangku gak akan grasak grusuk dan bakalan diam terus. Tapi kalo ditaruh di tanah anjing ini akan lari lari dan sangat senang. Namun karena bulunya yang panjang bahkan bisa menyentuh lantai, anjing jenis ini tidak suka dengan cuaca panas. Shih tzu sangat suka di tempat berAC dan sangat sejuk. Karena jika di tempat terbuka dan cuaca terik, shih tzu bisa dehidrasi dan kepanasan. Makanya banyak juga pemilik anjing shih tzu lebih suka memotong pendek bulu anjingnya. Shih tzu aku juga pernah di potong pendek. Tapi panjangnya cepet bangettt geeengs. Tapi harus dikasih makan khusus dan jangan sembarangan. 

Gengs dibawah ini aku mau kasih beberapa tips dalam merawat anjing shih tzu:
  • Biasakan supaya shih tzu gak makan sembarangan apalagi makanan yang mengandung garam. Karena sudah terbukti kalau peliharan bukan cuma anjing, kalo dikasih makanan sembarangan apalagi makanan asin bulunya bakalan rontok dan hewan juga lebih rentan akan penyakit kulit. 
  • Biasakan shih tzu untuk mengkonsumsi "dog food". Gengs ini menurut pengalaman saya yaa. Shih tzu saya gak pernah dikasih makanan kayak nasi dll. Dari dulu selalu dikasih makan dog food. Dan saya selalu pake dog food "royal canin" walaupun harganya mahal, tapi terbukti sekarang shih tzu saya bulunya gak pernah rontok dan lembuutt banget. Dan puji tuhan sampe sekarang belum pernah sakit.
  • Setiap malam luangkan waktu untuk menyisir bulunya. Gengs salah satu hal yang sangat rentan terjadi terhadap bulu shih tzu adalah bulunya "gumpel" beuh kalo udah gumpel gak ada cara lain, terpaksa harus dipotong, kan sayang. Makanya itu gengs jangan males nyisirin bulu shih tzu. Lebih sering disisir maka bulunya gak akan gumpel. Tapi jangan tiap menit ya gengss :D
  • Dan yang gak kalah penting adalah jangan terlalu sering mandiin shih tzu. Karena kalo terlalu sering dimandiin bulunya bakal rontok dan guguknya bisa kena penyakit kulit. Dan kalo udah penyakitan, bakalan susah nyembuhinnya dan butuh biaya yang besar karena harus dibawa ke dokter hewan. Makanya gengs mandiin shih tzunya cukup 1 kali seminggu yaa kalo gak begitu kotor bisa juga dimandiin 2 minggu sekali.
  • Selalu pakai hair dryer sesudah memandikan shih tzu. Gengs ini gak kalah penting lohh. Karena kalo gak dikeringin, kulit shih tzu bisa gatel gatel dan korengan. Bahkan kalo bulunya masih lembab bisa kutuan. Serem kann, makanya luangkan waktu buat keringin bulu shih tzu pakai hair dryer biar cepet kering dan bulunya gak lembab.
Oke gengs mungkin itu dulu ya artikel dari saya. Tunggu artikel selanjutnya yaa:) saran ditunggu...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar